About Me

header ads

Karsilo UBB : Cara Membuahkan Kelengkeng Itu Tidak Sulit ( Bagian 1 )

Selvi di kebun Untuk Blora Baktiku - Blora Updates

Selamat Sore...Blora!!
Salam Jaya Sedulur Tani.
Terkhusus penghobi tanaman kelengkeng...
Kali ini..saya akan coba jawab pertanyaan tentang bagaimana cara aman membuahkan kelengkeng ...??

Sebelum masuk pembahasan teknis, saya coba jelaskan dulu, kenapa tanaman lengkeng bisa diatur masa berbuahnya?

Singkat cerita;
Di Thailand ada pabrik produksi mercon meledak. Tanpa disengaja semburan ledakannya mengenai kebun lengkeng yg berada tidak jauh dari pabrik tersebut. Di luar dugaan selang satu bulan tanaman tanaman itu berbunga diluar musim. Setelah diselidiki ternyata bahan dasar mercon yang meledak itu jadi penyebabnya. Akhirnya disimpulkan bahwa bahan dasar mercon itu bisa utk perangsang  kelengkeng agar berbuah.. Dan, diketahui bahwa bahan kimia mercon itu adalah POTASIUM KLORAT atau KCLO3.

Seiring kebutuhan maka zat kimia itu diolah khusus dijadikan formula untuk perangsang tanaman lengkeng. Formula ini disebut; KELENGKENG BOOSTER. Nah...inilah formula khusus yg bertahun tahun dijadikan andalan petani kelengkeng di Thailand. Sehingga tak heran bila negara ini penghasil sekaligus pengekspor buah kelengkeng Top Dunia.

Waktu pun berlalu. Hukum dagang berlaku. Permintaan akan formula ini meningkat. Maka, di negara ini berdiri pabrik pabrik pengolah formula kelengkeng booster. Salah satu produknya yaitu NONGFENG telah masuk di Indonesia. Selanjutnya bisa ditebak "formula ajaib" ini laris manis di negara kita. Produk pun berkembang. Tinggal pilih. Disamping NONG FENG, Muncul merk lain semisal; AMAZING GROW, NUTRILENG, FARMPION....dsb.Tentu semua produk ini berbahan dasar POTASIUM, alias OBAT MERCON..!! Harga per paket antara 150-200 ribu. 1 paket bisa digunakan utk 9-15 pohon. Tergantung cara pemakaian dan usia tanaman.

Kadang Tani yg budiman, Dengan memiliki formula ini, kita bisa membuahkan lengkeng diluar musim. Kapan saja kita kehendaki. Bahkan, kelengkeng yang sudah ratusan tahun tidak mau berbuah. Bila, diaplikasi dengan formula ini, hanya dengan waktu 30-40 hari maka pohon kelengkeng anda akan berbuah lebat. Dengan asumsi inilah, maka saya optimis Blora bisa jadi penghasil kelengkeng.

Oke....sebagai awal tulisan tentang PEMBUAHAN LENGKENG, kiranya saya cukupkan dulu. Untuk pembahasan TEKNIS PEMBUAHAN.

Mohon sabar dulu yaa....
Insya Allah...lain waktu saya posting lagi...
Kadang Tani Blora,
Harapan Saya..semoga tulisan ini bermanfaat.
Terkhusus kepada Kadang Tani Blora.

Salam,
Karsilo Bilung Balun

artikel terkait
Cara membuahkan Kelengkeng  itu tidak sulit ( bagian 2 )
Cara membuahkan Kelengkeng  itu tidak sulit ( bagian 3 )
Bp Karsilo merawat kebun UBB

Posting Komentar

0 Komentar