About Me

header ads

Surat Dari Pemuda Kreatif Blora " Sugito " : Aku Ingin E KTP, Bukan Ingin Di Semayani Terus


Blora Updates - E KTP adalah program pemerintah pusat. Sebagai warga negara yang baik akan berusaha mensukseskan program tersebut dengan aktif melakukan pengurusan. Nah ! Sudahkah anda memilki E KTP? Bagaimana Prosesnya? Berikan Testimoni anda yak Guys !!!.


Berikut salah satu Surat kiriman dari Netizen Blora bernama Sugito asal Ds Janjang Kecamatan Jiken Kabupaten Blora - Jawa Tengah. Remaja yang menginjak dewasa dan berjiwa humoris ini berbagi pengalaman. Ini bertujuan tidak untuk mendiskreditkan salah satu pihak, namun ingin berbagi dan mencari solusi tuk kemajuan bersama.

#EKTP #carutmarut
Semoga Blora jadi Lebih Baik dg memperbaiki pelayanan masyarakatnya.
Sekedar pengalaman pribadi saja untuk jadi masukan kpd pegawai kecamatan atau pegawai DINDUKCAPIL.

AGUSTUS 2014
sy datang ke kecamatan dg membawa fotocopy KK dan surat pengantar dari kelurahan untuk mengurus pembuatan E KTP,antrean tidak begitu panjang jadi saya tidak menunggu lama untuk melakukan perekaman data, di foto kemudian di mintain tanda tangan (layaknya model hehehe), perekaman sidik jari, dan mata. Proses ini tidak lama, hanya sekitar 5menit, setelah itu sy diberi tau bahwa KTP jadi sekitar 3 bulan dan akan diberikan oleh kelurahan, untuk sementara saya diberi KTP biasa.

NOVEMBER 2014
Saya ke kelurahan untuk menanyakan E KTP saya karena blm ada yg mengantarkan, dan sampai di kelurahan susah di cari2 namun tidak ditemukan E KTP dg nama saya, Pak lurah menyarankan supaya saya menayakan ke kecamatan. Oke, saya ke kecamatan dg menemui bapak2 yg melakukan perekaman 3 bulan lalu, jawab beliau "maaf mungkin belum kecetak, di tunggu 3 bulan lagi, sementara KTP ini (KTP Biasa) masih bisa digunakan". Saya hanya bisa menarik nafas dalam2. Okelah saya tunggu.
Karena beliau bilang KTP saya yg biasa ini bisa digunakan saya menunggu dg sabar, namun tidak juga ada pihak yg memberikan info atau mengantar EKTP ke saya.
Dengan adanya berita mengenai batas perekaman/pembuatan EKTP dan beberapa dampak bila tidak memiliki EKTP, saya mulai merasa sedikit tidak tenang.

26 AGUSTUS 2016
Saya kembali ke kecamatan untuk menanyakan EKTP saya, dan lagi2 katanya belum jadi, salah satu pegawai Kecamatan mencoba menghubungi DINDUKCAPIL Blora untuk menanyakan data saya, dan hasilnya tidak di temukan.
Ya siapa yg gg kecewa, saya melakukan perekaman data lagi, kali ini dg pegawai yg beebeda, yaitu Ibuk2. Selang 5menit perekaman selesai. Saya diberi pesan untuk menunggu 14 hari karena di blora hanya ada 3 alat pencetak, oke saya siap menunggu.

HARI INI, JUMAT, 09 SEPTEMBER 2016 TEPAT 14 HARI SAYA MENUNGGU
saya mendatangi kantor kecamatan, dg penjaga bapak separuh tua saya menanyakan perkembangan E KTP saya, bapak tersebut meminta salah seorang anak magang untuk mencarikan, saya sangat berharapdi tumpukan itu ada nama saya.
Ahirnyaaaaa.. TIDAK ADA!!
Bapak pegawai kecamatan bilang "urung ono mas, paling sekitar seminggu ngkas".
Ya sudah saya bertanya "maaf pak sebelumnya, ini data saya sudah dikirim belum to pak kok lama nggeh"
"Sudah, wes sok rebo opo kemis balik lagi" kata bapak yg satunya.
Aku keluar tanpa permisi dengan rasa kecewa yg masih ada. Ya saat ini saya tanpa Kartu Tanda Penduduk, entah mau bagaimana dg nasib seorang pemuda yg selalu dipermainkan sistem tatanan daerah, sy sudah berusaha mencintai dan mencoba berkontribusi untuk tanah kelahiran, namun dg pelayan seperti ini harus bagaimana saya selanjutnya?

Ya semoga postingan ini bisa jadi acuan atau masukan untuk petugas KECAMATAN ataupun DINDUKCAPIL Blora supaya bekerja lebih baik melayani masyarakat, karena mereka di biayai rakyat. Terimakasih ( Sugito Arpenk )
Sugito meng edit dirinya gabung dengan Keluarga Bapak Presiden Jokowi, Karena nge fans berat.
Contoh suara rekan Sugito yang lain


Artikel terkait
Mimpi Anak Desa Yang Ingin Membangun Wilayahnya
Wow Keren !!! Beragam Brand Kaos Khas Blora

Posting Komentar

3 Komentar

  1. sabar Om...
    memang kudu dikritik hal seperti ini, tapi paling tidak pegawai yg bertugas (pns) harusnya dengan sigap sedia melayani dengan baik. meski sistem e-ktp ini adalah hal baru dan proses nya masih 1 pintu dari pusat pemerintahan Jakarta, harusnya dari daerah ngoyak banter.... ora ming "mengko", "suk balik meneh", "datane ora ono" kan aneh.... semoga semua tetap peduli dan mengusahakan yg terbaik.
    suwun

    BalasHapus
  2. Mungkin dindukcapil lelah ..
    Biarlah mereka istirahat sejenak, siapa tau minggu depan di semayani lagi..
    Hidup Blora.

    BalasHapus
  3. pripun mas Sugito, mpun dados Ektp ne?

    BalasHapus