Sekar Jompong Art Kaliwangan Meluncurkan Karya Baru " Barongan Rambut Api "


Blora Updates - Barongan adalah identitas Blora. Kesenian Singa Barong ini paling sering ditampilkan disetiap acara budaya kabupaten Blora. Intensitas pertunjukan yang sering bahkan mengangkat nama Blora baik tingkat Provinsi Jawa Tengah, maupun tingkat nasional. Rasanya belum lengkap bila berkunjung ke tanah kelahiran Pramudya Ananta Tour yang merupakan Tokoh Nasional dibidang sastra, bila anda belum menyaksikan kesenian Barongan.

Kreatifitas dan kesetiaan profesi adalah  salah satu kunci berhasilnya kesenian Barongan di Blora. Heru salah satu pengrajin Barongan mengatakan " Barongan akan selamanya jaya di Blora, bila segenap elemen masyarakat bangga dan mau melestarikan Barongan ".


Dijumpai di kediamannya, Pemilik dari Sekar Jompong Art yang berlokasi di belakang pondok pesantren Khozinatul Ulum, Kaliwangan - Blora ini menambahkan " Dalam dunia seni itu tidak ada lawan mas, adanya teman berkarya. Saling bekerja sama dan menciptakan karya yang mengikuti kemajuan zaman dengan tetap mempertahankan pakem asli ".

Disinggung mengenai karya apa yang saat ini tengah dikerjakan, Suami dari Wulan ini menambahkan, " Lagi buat karya baru mas, Judulnya Barongan berambut api atau Barongan Bule. Rambutnya tak semir merah keemasan kaya anak gadis sekarang ". Sambil menjelaskan, Pria Sederhana dan Ayah dari Adel ini menjelaskan dengan terkekeh geli perihal Inpirasi yang dia dapat.

Pengrajin Barongan sekaligus pemilik toko aneka kerajinan Barongan ini juga memberikan informasi. " Bulan depan jangan lupa saksikan nonton Festival Barong Nusantara di Blora ya mas . Insha Allah Sekar Jompong Art akan ikut serta meramaikan", tandasnya.

Posting Komentar

0 Komentar