PAWAI TK-SD BERJALAN MERIAH DENGAN MENGUSUNG KEBERAGAMAN BUDAYA

Blora
Pakaian Adat: Peserta Pawai dari SD menggunakan berbagai jenis pakaian adat Nusantara
BLORAUPDATES.COM - Dengan mengusung tema keberagaman budaya Indonesia “Pesona Gemerlap Jiwa Nusantara”, pawai pembangunan atau karnaval menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Kemerdekaan RI tingkat TK-SD di Kabupaten Blora berlangsung meriah, Sabtu pagi (11/8/2018).

Puluhan sekolah TK dan SD berlomba mempertunjukkan kreasinya masing-masing di sepanjang rute yang telah ditetapkan. Untuk TK kebanyakan menampilkan keberagaman busana daerah dari Sabang hingga Merauke. Anak-anak yang masih kecil ini tampak imut memakai pakaian adat sembari melambaikan tangan kepada para tamu undangan yang duduk di tenda kehormatan.

Dalam Pawai juga disuguhi kesenian Drum Band yang dilakukan siswa SD Juga
Tidak hanya pakaian adat saja, tim pawai dari SD juga menampilkan tampilan kesenian lainnya seperti barongan, wayang kulit, hadroh, drumband, batik carnival hingga beraneka tari kreasi tradisional. Khusus TK dalam mengikuti pawai diperkenankan menggunakan kendaraan bak terbuka. Sedangkan untuk SD diharuskan berjalan kaki.

Dengan mengambil start dari depan Kantor Bupati Blora yang ada di Jl.Pemuda no.12 Kota Blora, pawai diberangkatkan langsung oleh Bupati Djoko Nugroho yang diwakili oleh Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si bersama Bunda PAUD Kabupaten Blora Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho.

“Selamat mengikuti pawai pembangunan anak-anak ku. Pawai pembangunan merupakan salah satu media kita untuk mengenalkan kekayaan dan keberagaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia kepada anak-anak. Selain itu, dengan mengikuti pawai pastinya akan menjadi kenangan tersendiri ketika kita tumbuh besar nanti. Anak-anak generasi emas Indonesia yang genius ini harus terus ditanamkan nilai-nilai kebhinekaan dan persatuan demi keutuhan bangsa,” ucap Komang Gede Irawadi SE, M.Si.

pawai diberangkatkan langsung oleh Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si 
bersama Bunda PAUD Kabupaten Blora Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho
Kepala Seksi Pawai Pembangunan, Ir.Samsul Arief yang tidak lain Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Kabupaten Blora menyampaikan bahwa pawai anak-anak TK-SD kali ini diikuti oleh 83 tim atau regu.

“TK ada 73 sekolah terdiri dari PAUD dan KB, sedangkan SD ada 10 sekolah saja,” kata Ir. Samsul Arief.

Untuk rute pawai sendiri, menurutnya sejak dilepas dari Kantor Bupati, masing-masing peserta diwajibkan melintasi Jl.Pemuda – Perempatan Grojogan ke utara – masuk Jl.Gunung Lawu – Jl.Jlubang-Gor dan finish di Taman Blora Super Blok.

Meskipun cuaca terik, tidak mengurangi semangat anak-anak untuk mengikuti pawai. Penonton juga berjubel di sepanjang rute yang dilalui, terutama para orang tua yang ingin menyaksikan buah hatinya tampil.

“Alhamdulillah berjalan lancar. Sedangkan pada tanggal 18 Agustus minggu depan akan dilaksanakan pawai untuk kategori SMP-SMA/SMK-OPD/Umum pada malam hari mulai 19.00 WIB dengan mengambil start Alun-alun dan finish Blok T,” pungkas Ir. Samsul Arief. (Tim

Posting Komentar

0 Komentar