About Me

header ads

Mitra Binaan Perhutani Randublatung Terima 145 Juta Dana PKBL


Penyerahan dana pinjaman PKBL oleh Administratur / KKPH Randublatung Hilaludin.

Blora Updates - Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randublatung melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) menyerahkan bantuan pinjaman modal sebesar Rp. 145 juta kepada 8 Mitra Binaan, Jumat (14/12) siang. 8 Mitra Binaan ini adalah para pemilik usaha kecil yang berasal dari 6 desa di Kecamatan Randublatung ,yaitu Desa Kediren, Kutukan, Tanggel Randublatung, Pilang dan Wulung.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) ini merupakan bentuk kepedulian Perhutani terhadap usaha kecil yang berada di sekitar hutan dan implementasi dari Corporate Social Responsibility (CSR) Perhutani KPH Randublatung, yang bertujuan untuk mengembangkan usaha-usaha kecil masyarakat di sekitar perusahaan.

PKBL adalah bentuk tanggungjawab Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada masyarakat. PKBL dilaksanakan dengan dasar UU No.19 Tahun 2003 tentang BUMN serta Peraturan Menteri BUMN No. Per-05/MBU/2007 yang menyatakan maksud dan tujuan pendirian BUMN tidak hanya mengejar keuntungan melainkan turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat.

Penyerahan dana PKBL diserahkan langsung oleh Administratur / KKPH Randublatung Hilaludin dan diterima para pemilik usaha kecil dengan disaksikan Kepala Desa.

Dalam sambutannya, Administratur Perum Perhutani KKPH Randublatung Hilaludin mengatakan bahwa PKBL merupakan tanggungjawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

“Pinjaman Modal Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) ini merupakan tanggungjawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar. Semoga dengan adanya pinjaman lunak ini bisa mengembangkan usaha kecil yang ada di Randublatung,” kata Hilal.

Para mitra binaan mengapresiasi program yang dilakukan oleh Perum Phutani. Yuli Astuti (35) salah satu pemilik usaha kecil konveksi mengatakan akan menggunakan modal tersebut untuk penambahan mesin jahit.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Perum Perhutani. Pinjaman ini rencana akan kami gunakan untuk menambah mesin jahit, sehingga kami bisa lebih banyak menerima orderan,” kata Yuli yang mendapatkan pinjaman modal Rp25 juta.

Perum Perhutani KPH Randublatung dalam program PKBL sejak tahun 2000 sampai tahun 2018 telah melakukan pembinaan terhadap 100 lebih Mitra Binaan dari berbagai sektor, seperti industri, perdagangan, peternakan, dan sektor lainnya. (ekoarif)


Posting Komentar

0 Komentar