Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Penangan Kasus Covid-19 di Blora

BloraUpdates, Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, M.Si, dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M memimpin Apel Bersama TNI Polri, dan Satgas Covid-19 dan Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto Dalam Rangka Penanganan Covid-19 Di Alun-alun Kabupaten Blora, Sabtu, (05/06/2021) kameren.

Rombongan menggunakan 3 helikopter dan mendarat di lapangan Batalyon Infantri 410/Alugoro Blora. Dengan pengawalan ketat petugas gabungan, rombongan menuju ke Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora untuk melakukan dialog.


Jendral Kapolri, Panglima TNI, Bupati Blora Bersama PNPB Memberikan Pengarahan Dalam Menangani Kasus Covid-19

Di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora Panglima TNI dan Kapolri melakukan tatap muka dan diskusi dengan Forkompinda Blora.

Dalam sambutannya Bupati Blora H. Arief Rohman,SIP,M.Si menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan yang berkenan hadir di kabupaten Blora.

Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan, menyikapi lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah semua pihak harus waspada. Karena wilayah Kabupaten Rembang, Pati, dan Blora adalah yang dekat dengan Kabupaten Kudus.

"Untuk itu harus betul-betul diperhatikan, jangan sampai kejadian serupa terjadi di Blora,’’ terang Kapolri.

Jenderal polisi bintang empat itu menyebut, tingkat kejenuhan masyarakat terkait protokol kesehatan sudah mulai menurun. Sedang ketahui kasus Covid-19 betul-betul masih ada. Sebagai contoh adanya ledakan kasus di negara tetangga seperti Malaysia dan India. Untuk itu harus kita antisipasi.

Pasca Idul Fitri 2021, meskipun telah dilakukan penyekatan oleh petugas gabungan namun kegiatan antisipasi harus terus dilakukan. Gelorakan 5 M dalam kehidupan apalagi saat kegiatan hajatan warga ataupun hal lain yang bisa menimbulkan kerumunan.

Kapolri menekankan agar langkah kontigensi disiapkan, mulai dari sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan yang dimulai dari PPKM mikro disetiap wilayah. Serta 3T untuk antisipasi penularan Covid-19.

Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, M.Si Saat Memberikan Pengarahan Di Pendopo Kabupaten Blora 

"Tak kalah penting ruang isolasi harus disiapkan untuk antisipasi lonjakan Covid-19,’’ tambahnya.

Sementara, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa saat ini tugas kita adalah dalam rangka mengendalikan Covid-19. Untuk melawan tidak mungkin.

Yang harus dilakukan adalah mempelajari data data kasus positif di Blora. Kemudian adalah angka kesembuhan, angka kematian BOR dan ICU setiap hari harus di cek. Laksanakan koordinasi dan kolaborasi dengan lintas sektoral yang ada.

"Kembali tegakkan PPKM Mikro dan lalukan penebalan petugas di Posko PPKM yang tentunya di imbangi dengan sarana dan prasarana kesehatan,’’ pinta Panglima.

Kegiatan budaya ataupun kearifan lokal di wilayah seperti acara adat pasca panen atau sedekah bumi yang menimbulkan kerumuman harus diantisipasi.

"Jangan sampi terjadi kerumunan yang dikhawatirkan menimbulkan penularan Covid-19,” harap Panglima TNI.

Pengawasan terhadap protokol kesehatan dalam kegiatan masyarakat, lanjut dia,  harus terus dilakukan. Bahwa protokol kesehatan bukan karena keterpaksaan, namun karena kebutuhan untuk menjaga kesehatan. Jika semua itu bisa kita lakukan maka Covid-19 bisa kendalikan.

Dalam kunjungan tersebut hadir Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Sekda Prov, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi,SH,S.St,MK serta Para Pejabat Utama Polda Jateng Dan Kodam IV Diponegoro.

Apel Bersama Di Alun-alun Kabupaten Blora Panglima TNI Menyampaikan Arahan Agar Tidak Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 

Bupati Blora Arief Rohman menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan yang berkenan hadir di kabupaten Blora.

"Kami ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Panglima TNI, Dan Kapolri beserta rombongan di Blora. Adalah sebuah kehormatan kami didatangi oleh pucuk pimpinan TNI dan Polri. Selanjutnya kami mohon bimbingan dan petunjuk,” ungkap Bupati Blora. 

Bupati menyampaikan bahwa untuk kasus Covid-19 di Kabupaten Blora hingga saat ini mencapai 7.068 kasus positif dan pasien sembuh mencapai 6.486. Presentase kesembuhan mencapai 91,8 persen.

Sedangkan untuk vaksinasi di wilayah Kabupaten Blora hingga kini telah mencapai 141.016 warga. Dengan rincian 3.667 tenaga kesehatan, 53.743 tenaga pelayanan publik dan 83.607 warga lanjut usia.

Menanggapi penjelasan bupati, Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito mengapresiasi atas kinerja Forkompinda Blora yang telah kompak dalam penanganan Covid-19. Bahwa tingkat presentase kesembuhan mencapai 91,8  persen.(Yoyok/Red)

Posting Komentar

0 Komentar