Peringati Hari Lingkungan Hidup, FIF Group Cabang Blora, DLH dan Duta Blora Gelar Kegiatan Hijaukan Bumi


DLH, FIF Cabang Blora dan Duta Blora tampak semangat di giat acara Penanaman Pohon dalam acara Hijaukan Bumi, memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. 


BLORA – Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021, PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, mengadakan aksi penanaman pohon bertitel Hijaukan Bumi dan Lingkungan di kawasan TPA Temurejo, Blora, Jawa Tengah, Senin (28/6/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Udara yang dingin dan tanah yang basah sehabis hujan deras tidak menyurutkan langkah para peserta aksi penanaman pohon yang ada. 

“Kegiatan penanaman pohon dari FIFGROUP 2021 ini sekaligus pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk penanaman pohon endemik secara serentak di 55 titik se-Indonesia," kata Sugeng Karyanto selaku Kepala FIFGROUP Cabang Blora.

Karena kondisi penyebaran Covid-19 di Blora yang masih cukup tinggi, acara dilakukan dengan pembatasan jumlah peserta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Iya, karena kondisi masih seperti ini, untuk acara kita lakukan offline dan virtual. Kita hidup berdampingan dengan alam, oleh karena itu, sudah sepatutnya kita menjaga dan memelihara kondisi alam lingkungan sekitar," jelasnya.

Menurut Sugeng, lingkungan hidup menjadi isu penting yang sudah jadi perhatian sejak lama di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

"Banyaknya penebangan pohon memicu sejumlah potensi kerusakan alam yang dapat berakibat pada rusaknya ekosistem," terangnya. 

Acara ini dibuka dengan seremoni berupa penyerahan bibit pohon Ketapang  (Terminalia catappa) dari Kepala FIF Cabang Blora ke Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora.

Simbolisme Penyerahan Bibit Ketapang Dari FIF Group Cabang Blora ke Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Blora

"Saya itu sedih kalau melihat gunung-gunung dihancurkan. Lahan yang tadinya hijau banyak pepohonan menjadi lahan gersang," ungkap Drs. Sugiyono, M.Si selaku Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora.

Dirinya berharap apa yang dilakukan FIFGROUP Cabang Blora bisa berlanjut dengan kegiatan sosial atau kegiatan lingkungan lainnya.

"Dan semoga juga menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain yang ada di Blora," tandasnya. 

Sementara itu, sekitar 10 orang perwakilan kelompok pecinta lingkungan di Blora yang turut berpartisipasi terhadap kegiatan ini memberikan apresiasi khusus terhadap kegiatan tanam pohon ini.

Duta Blora dan DLH melakukan Penanaman Pohon Ketapang dalam Kegiatan Hijaukan Bumi, Memperingati Hari Lingkungan Hidup di TPA Temurejo, Blora. 


"Walaupun sekarang musim kemarau tapi karena masih banyak curah hujan memungkinkan kita melakukan penanaman. Disadari atau tidak bahwa saat ini kerusakan lingkungan menjadikan ketidakseimbangan alam," ujar Eko Arifianto selaku Ketua Yayasan Duta Blora Indonesia. 

Eko menambahkan bahwa yang paling penting dari kegiatan penanaman pohon ini semakin berkembangnya aksi peduli lingkungan di setiap daerah.

"Ya, semoga benih-benih kebaikan yang ditanam bisa menjadi berkah dan terus tumbuh dan berkembang di semua tempat.
Jujur, kita masih banyak berhutang pada bumi pertiwi ini. Pegunungan dihancurkan, pohon ditebang, sungai diracun, sampah dan limbah dibuang sembarangan. Kita sudah terlalu banyak merusak. Jadi jangan heran bila wabah penyakit saat ini melanda. Inilah hasil perbuatan yang kita lakukan," imbuhnya.

Dirinya mengatakan bahwa kesadaran menjaga kelestarian bumi ini adalah tanggungjawab semua orang, tidak memandang latar belakang, status dan jabatan.

"Tanggungjawab kita sama. Karena bumi yang kita tinggali ini hanya satu. Kerusakan di bagian bumi sana akan berdampak juga di sini. Begitupun sebaliknya. Mari bersama lestarikan bumi ini. Bagi diri kita sekeluarga khususnya dan masyarakat Blora pada umumnya. Semoga sama diberikan kebaikan serta kesehatan melewati masa pandemi ini," pungkasnya. ( Yoyok / Red )

Posting Komentar

0 Komentar