About Me

header ads

Pesonanya Barongan Blora

Penari kuda lumping sedang melakukan aksinya
Pesona kesenian Barongan Blora semakin luas dikenal, bukan hanya digemari warga masyarakat Blora saja. Namun banyak warga luar kota yang terkagum-kagum  dan terpukau pada pertunjukan seni dari kabupaten ujung timur Jawa Tengah ini. Seperti hari Sabtu (19/3) lalu saat Seni Barongan Blora dari sanggar Risang Guntur Seto (RGS) Kunden tampil dalam mengisi acara pengundian tabungan BIMA di Bank Jateng.


Kolaborasi Barongan dan penari kuda lumping

Siang itu Kota Blora yang sedang panas-panasnya dibuat riuh dengan penampilan Seni Barongan Blora yang tampil dijalan alun-alun persis disamping gapura pendopo rumah dinas Bupati. Payung bertebaran mengelilingi tampilnya Seni Barongan yang dilakukan oleh sanggar RGS.
RGS kali ini menampilkan 7 penari jaranan perempuan, 4 penari bujang ganong laki-laki dan 1 kepala barongan yang tampil gagah, menarik dan atraktif di jalan Alun-alun.
Barongan besar unjuk gigi dalam pentas seni Barongan
“Turonggo Barong sendiri merupakan pethilan atau bagian dari seni pertunjukan Barongan Blora yang sudah lama berkembang di Kabupaten Blora. Seni ini mencerminkan semangat hidup warga masyarakat Blora yang pantang menyerah dan penuh perjuangan.

Posting Komentar

0 Komentar