About Me

header ads

Kiprah Devy Seorang Ibu Yang Berjiwa Sosial

Devy Prahayanti
Devy Prahayanti, Memiliki gelar sarjana Psikolog dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dan saat ini mengabdikan diri ke Lembaga Konsultasi Kesejahteraa  Keluarga (LK3) dibawah Pengawasan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kab. Blora.

Bekerja dikalangan PNS, tetapi ibu satu anak ini bukanlah seorang PNS. Walaupun demikian semangat dan etos kerja istri M Farid Rosyidi gak perlu diragukan lagi, cukup sigap dan cekatan menyelesaikan tugas-tugas dalam penangannya.

"Ikut kegiatan sosial itu menyenangkan langsung bisa berinteraksi sama masyarakat, bisa berbagi ilmu dan melatih mental dapat pengalaman baru juga, Berbagi ilmu dan mendapat ilmu, selain itu dapat kenalan banyak, apalagi suami sangat suport saya mas“ Kata Devy dengan ramah, begitu kerap Ibu ini di sapa.

Devy Prahayanti bersama keluarga
Selain bekerja diLembaga Konsultasi Kesejahteraan  Keluarga (LK3) Ibu dari Cadena Chaliluna Rosyidi, juga menjadi relawan Rehabilitasi Sosial Berbasis Keluarga (RSBK) yang dibawai langsung oleh kementrian sosial. 


Dalam penjelasannya tentang tugas dari LK3 dan RSBK, semangat Devy sangat kelihatan sekali. “LK3 itu menangani Konsultasi maslah keluarga mas...seperti, KDRT, pencabulan, perkosaan, pemulihan paska trauma. Sedangkan RSBK itu Penanganan anak2 yg keterbelakan intelegensi, IQ dibawah rata-rata, atau biasa kita kenal anak-anak (Maaf) idiot” Tambahnya

“Untuk mendapatkan pelayanan seperti yang saya sebut tadi, warga masyarakat Blora Khusunya, dapat datang langsung ke kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kab. Blora. Langsung Menemui saya atau membuat janji terlebih dahulu” Pungkas Devy. 






Penanganan Suwarni

Tim Blora Ipdates Foto bareng Ibu Suwarni


Devy Memandikan anak-anak suwarni




Sesampainya diblora, suwarni dan 3 anaknya dibawa singgah ke kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kab. Blora. Anak suwarni yang nomor 2 merasa ketakutan melihat orang-orang
Masih ingat suwarni…? Gelandangan yang berada dipojok terminal cepu, yang ditemukan pertama oleh team Blora Updates. Dalam beberapa hari setelah pasca ditemukannya dan foto- diunggah di media sosial. Penanganan dari Instansi terkaitpun mulai sigap.

Devy Menyuapi 2 anak suwarni
Dengan cepat suarni dan ketiga anaknya dibawa ke Blora dan ditempatkan dirumah singgah milik Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kab. Blora. Tetapi sebelum dibawa ke rumah singgah tersebut, anak bayi yang berusia 2 minggu tersebut diperiksa terlebih dahulu dipuskesmas terdekat. 
 




Sesampainya diblora, suwarni dan 3 anaknya dibawa singgah ke kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kab. Blora. Anak suwarni yang nomor 2 merasa ketakutan melihat orang-orang disekelilingnya. 

Devy menggantikan suwarni menggendong anak bungsunya, dengan kasih sayang devy merawat bayi tersebut seperti anaknya sendiri.

Suwarni memeriksa sang anak

Saat bayi mengeluarkan lendir dari hidung kekhawatiran devy sangat terlihat dimimik mukanya. Dirasa waktu istirahat selesai, suwarni dan keluarganya diantarkan ke rumah singgah yang bertempat di ngampel Blora.


pejabat terkait dari Instansi tingkat kecamatan dan dinas sosial

Lagi-lagi Devy seperti ibu dari anak-anak suwarni, dia memandikan dan mengurusi semua anak-anak dan menyuappi, membujuk untuk mau makan, dengan sabar Devy akhirnya berhasil menakhlukkan anak-anak yang tadinya malu, takut tersebut….




Rumah singgah milik Dinas Sosial



Posting Komentar

0 Komentar