About Me

header ads

Pesona Alam Jurang Jero Yang Menggoda

Ds Jurang Jero kec Bogorejo kab Blora / Blora Updates

Setengah Jam dari pusat Kota Blora atau sekitar 13km, Melewati Polres Blora ke Utara, naik alam berbukit bukit dan Jalan yang berdebu, berkali kali bertemu truk pengangkut batu, sampailah pada sebuah desa di barisan pegunungan kendeng yang menjadi batas kecamatan Jepon dan kecamatan Bogorejo. Desa Jurang Jero itulah namanya.

Ds Jurang Jero kec Bogorejo kab Blora / Blora Updates

Jurang Jero adalah pelosok desa yang masih alami dan kental budaya gotong royongnya. harga makanan sangat murah, bahkan acara takziah desa sebelah saja masih ditempuh dengan jalan kaki, " ucap Fiki anak Jepon yang hobi Fotografi menjelaskan ke tim Blora Updates.

10 menit bangunan sebelah kiri jalan Itu tadi yang kita lewati namanya pemandian Sayuran mas yang terbengkalai dan tidak terawat, dulu ramai pengunjung mengingat disini hawanya sejuk, sedang diatas pemandian situ tadi ada padepokan kebatinan " Fiki menambahkan sambil menyandarkan kendaraan ".

Lokasi penambangan Batu yang menjadi tujuan tim Blora Updates dan rekan rekan tuk kegiatan menyalurkan hobi Fotography di desa Jurang Jero sangat dekat dengan jalan desa, tepatnya dibelakang rumah salah satu warga.
Ds Jurang jero kec Bogorejo kab Blora / Blora Updates

Sambil menyiapkan Kamera, tim Blora Updates dan rekan memperhatikan kegiatan warga yang sedang berkemas kemas menyudahi aktifitas penambangan terbesar di desa Jurang Jero pukul 16:00 wib.

Diwilayah sini mengandung harta karun dan sering menjadi incaran investor lho mas  " tutur Fiki melanjutkan Obrolan di sela sela persiapan Fotography".

Harta Karun yang dimaksud berupa pasir kuarsa yang sangat luas sekitar 285 ha dengan ketebalan 25 meter, Gipsum sekitar 10 ha an, Ball Clay dengan ketebalan rata rata 30 meter, Batu gamping luas 360 ha, serta Batubara 10 ha ketebalan 0,3 meter ". ( sumber blora-online.blogspot.com )

Namun disisi lain usaha ekplorasi tambang modern di wilayah Jurang Jero sering terkendala. Mulai dari UU perlindungan pegunungan Karst dan kelestarian lingkungan, Nilai nilai Sejarah leluhur dan budaya Blora, Nilai peradaban Lokal, Bahkan kadang ada yang menyangkutpautkan dengan nilai agama. " ucap Fiki menambahkan.

Selama satu jam menikmati dengan mata lensa indahnya area tambang batu Jurang Jero. Kamipun meninggalkan lokasi.

Ds Jurang Jero kec Bogorejo Kab Blora / Blora Updates

Ds Jurang Jero kec Bogorejo kab Blora / Blora Updates

Ds Jurang Jero kec Bogorejo kab Blora / Blora Updates



Kontributor

Anas

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Perlu wartawan rif , label sebelah Kaman busek Ra guna

    BalasHapus
  2. Label ga usah maksude mas yon ngono kah?

    BalasHapus
  3. aku masih bingung dengan rutenya ki mas,

    BalasHapus
  4. yang katanya jurangjero ada waduk sama jurangjero yang ini, tempatnya sama kah? satu desa?

    BalasHapus
  5. Polres ke utara lurus 7 km. Sampai pertigaan sayuran ambil kanan. Sekitar 2km dari situ . Lokasi ada tambang batu ds jurang jero dan waduk baru ds nggoloyo

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda desa tapi sebelahan. Dan masih satu jalur

      Hapus
    2. Beda desa tapi sebelahan. Dan masih satu jalur

      Hapus
  7. Beda desa to sebelahan dan satu jalur

    BalasHapus
  8. Polres ke utara lurus 7 km. Sampai pertigaan sayuran ambil kanan. Sekitar 2km dari situ . Lokasi ada tambang batu ds jurang jero dan waduk baru ds nggoloyo

    BalasHapus