About Me

header ads

Pedagang Kebutuhan Bahan Konsumsi Paling Stabil Saat Ini di Blora Di Era Ekonomi Lesu

Blora Updates - Semester 1 tahun 2016 sejak awal sampai saat ini ekonomi Blora khususnya Usaha Kecil Menengah ( UKM ) masih lamban. Hal ini dikarenakan beberapa faktor. Mulai dari musim tak menentu dan serangan hama yang menyebabkan hasil panen pertanian tak maksimal, cuaca ekstrim yang berakibat mudahnya musibah sakit menyerang keluarga, serta pengaruh dari kelesuan ekonomi Nasional / Global. Semua menyebabkan nilai beli masyarakat Blora menurun. Dari ketiga hal tersebut sangat mempengaruhi kondisi bisnis UKM masyarakat Blora.

Dari pantauan segi perbankan nampak jelas bahwa masyarakat sedang kondisi sulit. Usaha sepi dan kemampuan angsuran kreditpun banyak terkendala. Meskipun kuartal 1 tahun ini suku bunga KUR menyentuh rekor termurah yang dikucurkan pemerintah pusat yaitu dengan bunga 0,4% perbulan. Namun hal tersebut khususnya di Blora masih belum bisa membantu usaha pedagang secara signifikan.

Dari pengamatan saya dengan jumlah 200 usaha, Usaha yang masih stabil secara keuntungan /paling baik yaitu pedagang kebutuhan konsumsi sehari hari seperti Sayuran, Telur, Daging, minyak dan hasil tani ( bukan petani ). Usaha yang posisi tengah atau biasa biasa saja yaitu Pedagang Makanan, Warung Kopi, Jajanan, Jasa, Bisnis kerajinan kayu, Peternak. Sedangkan yang mengalami kemerosotan keuntungan atau dibilang sepi adalah usaha dibidang produksi bahan alam seperti produsen genteng, bata, pedagang tas dan sepatu, pedagang pakaian, pedagang mainan dll.

Namun tuk pedagang pakaian, tas, sepatu bulan ramadhan ini adalah bulan panen bagi jenis usaha tersebut. Manfaatkan momentum ramadhan dengan strategi dan trik jitu tuk menarik konsumen. Mengingat waktu hanya sebulan maka maksimalkan kesempatan ini. Jika kemarin sempat sepi dan diprediksi seperti tahun tahun sebelumnya yaitu usai ramadhan akan sangat sepi pembeli. Maka hanya bulan inilah saatnya menarik konsumen sebanyak banyaknya dan mengumpulkan untung setinggi tingginya tuk menutup minus beberapa bulan kemarin. 


Penulis
Firman

Konsultan marketing & Promo UKM
Konsultan keuangan UKM

Posting Komentar

0 Komentar