About Me

header ads

Ratio Ideal Besar Angsuran Hutang Atau Kredit Adalah Sepertiga Dari Penghasilan

Blora Updates - Manusia setiap hari melakukan aktivitas. Nah untuk mendukung aktifitas tersebut salah satunya adalah dengan memberikan asupan yang tepat dan porsi yang tepat. Diantara keterangan porsi isi perut yang tepat ada hadist shahih sbb :

" Tidaklah sekali-sekali manusia memenuhi sebuah wadah pun yang lebih berbahaya dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan untuk menegakkan tubuhnya. Jika ia harus mengisinya, maka sepertiga (bagian lambung) untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya (udara)”

(Hadits Riwayat Tirmidzi, berpredikat shahih)

Setali tiga uang dengan Hadist mengenai porsi isi perut, Menurut saya bahwa ideal angsuran kredit / hutang adalah sepertiga dari pendapatan. Dengan keterangan total penghasilan anda bahwa sepertiga buat biaya kebutuhan sehari hari, sepertiga buat pembayaran hutang / kredit ataupun ditabung. Dan sepertiga lagi buat kebutuhan sekunder seperti sekolah, sandang, papan, biaya kesehatan dll. Namun perhitungan ini ada yang berpendapat beda. Ada yang menulis ratio ideal angsuran hanya 30% namun adapula yang menghitung ideal ratio angsuran hingga 40% .

Ideal ratio standar angsuran inipun yang biasa diterapkan lembaga jasa keuangan seperti bank, leasing dll terkadang berbeda beda pula. Namun bila suatu saat kredit anda ditolak/ disetujui lebih kecil dari harapan pengajuan kredit anda, maka jangan berkecil hati. Disini lembaga jasa keuangan ingin mengajak anda memahami ratio ideal penghasilan anda. Tidak ingin menjerumuskan anda dalam kesulitan berkaitan kredit. Serta ingin mengajak anda menjadi mitra usaha secara berkesinambungan.



Penulis
Firman


Konsultan marketing & promo UKM
Konsultan keuangan UKM


Posting Komentar

0 Komentar