Sebar Selebaran Meresahkan Catut Nama Samin Surosentiko, 24 Orang Ditangkap Polres Blora

Potongan Selebaran Provokasi yang mencatut Tokoh Pahlawan Blora Samin Surosentiko

Blora Updates – Beredar selebaran provokatif di sosial media dan masyarakat. Di bagian atas selebaran, tertulis nama 'Samin Surosentiko', Tokoh Pahlawan Blora. Sepak terjang Pahlawan Kelahiran Ploso Kedhiren Randublatung Tahun 1859 tersebut yakni menentang penjajahan Belanda. 

Menyikapi Selebaran tersebut, Polisi langsung melakukan penyelidikan, sedangkan para pengikut pemikiran Samin memastikan selebaran itu dibuat oleh orang yang tak kenal ajaran Samin.

 

Dalam selebaran itu, terdapat ajakan kerusuhan yang menyasar toko-toko milik etnis tertentu dan Swalayan terkenal. Bahkan perbekalan senjata sudah dipersiapkan. Dalam selebaran itu ditulis, aksi akan dimulai hari Jumat Legi mendatang. 

Kasat Reskrim AKP Setyanto menjelaskan, terkait motif dan maksud pelaku

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama S.I.K melalui Kasat Reskrim AKP Setyanto menjelaskan, bahwa 24 orang sudah diamankan. 2 diantaranya adalah dalang, dan Motif para pelaku melakukan hal itu adalah untuk meminta jatah dari para pemilik usaha, Rabu (11/8/2012).

"Motifnya sebenarnya adalah agar diperhatikan dan meminta jatah ke para pemilik usaha seperti diler motor, mobil, toko swalayan dan pabrik-pabrik," kata Kasat Reskrim Polres Blora AKP Setiyanto saat ditemui Blora Updates.

Setiyanto menjelaskan, dari pengakuan otak pelaku, hal itu dikarenakan kesulitan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

"Ekonomi serba sulit, pelaku yang merupakan dukun mengajak para pengikutnya untuk melakukan aksi tersebut. Para pelaku kebanyakan bekerja sebagai petani," terangnya.

Pelaku diamankan di Desa Galuk Kec Kedungtuban sebelum dibawa ke Polres Blora

"Saya menghimbau agar masyarakat tidak terprovokasi," Kasat Reskrim Polres Blora menambahkan. 

Sementara itu tokoh Sedulur Sikep, Gun Retno dengan tegas memastikan pembuat selebaran itu tak paham ajaran Samin Surosentiko, tokoh yang menjadi anutan Komunitas Sedulur Sikep.

 

Gun Retno, Tokoh Sedulur Sikep Asal Pati

Ajaran Samin Surosentiko, menganjurkan semua pengikutnya berlaku jujur, tidak berbuat iri dan dengki, antikekerasan (dilarang bertengkar) dan tidak boleh mengambil barang yang bukan miliknya,” jelas Kang Gun sapaan akrabnya. (Yoyok/Red)


Video Liputan : 


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Hati2 sedulur2 semua. Jangan terprovokasi oleh ajakan yang tidak semestinya. Berpikir yang realistis saja. . Untuk para pemangku kepentingan mohon lururskan orang2 yg salah jalan dan mengatasnamakan Samin. Saya yakin Sedulur Saminisme adalah orang2 baik. Suwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus