Blora Dari Kabupaten Langganan Miskin Akan Menjadi Kaya Di Jateng Gara Gara Ini

Blora - Prediksi Blora bakal kaya mendadak akibat Dana Bagi Hasil (DBH) Migas jadi tema menarik disela syukuran yang digelar DPRD dan Aliansi Masyarakat Sipil Blora  (AMSB) di Pendopo DPRD Blora. Syukuran ini terkait Pasca pengesahan Undang - Undang Hubungan Keuangan Pusat Daerah (UU HKPD), Kamis (16/12/2021).


Dampak UU HKPD, Blora yang selama ini menjadi langganan kabupaten 10 besar termiskin se Jawa Tengah dan Jalan Terjelek, diprediksi akan masuk 3 besar Kabupaten Terkaya Se Jawa Tengah. 

Seno Margo Utomo selaku ketua panitia syukuran  mewakili AMSB, menjelaskan bahwa DBH Migas erat kaitannya dipengaruhi Selain harga minyak mentah,  produksi dan permintaan pasar. Jika hari ini hitung-hitungan kita, Blora akan terima 900 Milyar. Namun analisa pasar harga minyak cenderung naik bahkan 2 kali lipat.
Seno Margo Utomo
"Tahun 2020 yang masuk tahun 2021 harga minyak rata rata 40 dollar. Dan ditahun ini harga minyak naik 2 kali lipat. harga naik terus menyentuh 81 Dollar per barel. ini hitungan saya, nanti kita cek bersama" ucap Seno Politisi PKS

Usai memaparkan kondisi pasar dan skema hasil DBH Migas, Mantan DPRD Blora tersebut juga menyatakan bahwa Blora menerima 1,9 Trilyun dari DBH Migas Blok Cepu sebesar 3% tahun 2023.

"Diprediksi harga minyak akan cenderung naik. Hitungan saya tahun 2023 Bojonegoro akan Terima 3,6 Trilyun atau 6,5% dari WKP Blok Cepu dan Blora akan Terima setengahnya yakni 3% atau 1,8 Trilyun," paparnya. 

Dalam diskusi, Politisi PKS tersebut mengucapkan syukur Alhamdulillah dan  terimakasih ke seluruh masyarakat Blora yang telah andil dalam perjuangan DBH Migas, Serta bertanya kepada audience untuk apa saja sebaiknya uang DBH Migas nanti.

Untuk mempersiapkan itu semua, mantan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kabupaten Blora, dan Ketua Tim Transparansi Migas Blora, Doktor Adi Purwanto meminta agar eksekutif dan legislatif, serta seluruh elemen masyarakat madani harus duduk bersama. 
Adi Purwanto Mantan Tim Transparansi Migas Blora

"Mari segera kita persiapkan segala sesuatunya, termasuk regulasinya, bagaimana nanti kita mengambil manfaat dari adanya DBH Migas, yang cukup besar untuk digunakan sebesar - besarnya untuk kemakmuran rakyat Blora, semua harus duduk bersama, Eksekutif, Legislatif dan Masyarakat Madani, dan perlu dipikirkan juga dana abadi, setelah migas kita habis," ujar Dosen Pasca Sarjana Unisri Solo.

Sementara itu di saat yang sama, mantan DPRD Blora yang masih aktif sebagai Dewan Pendidikan Blora, Singgih Hartono mengingatkan agar tidak terjebak dalam perilaku orang kaya baru, saat DBH migas Blora cair nantinya.

"Harus diingat jangan sampai kita menjadi seperti Orang Kaya Baru, jadi bingung, apa yang harus dilakukan kalo dapat uang bbanyak. Yang jelas sektor pendidikan harus diutamakan" pesannya. 

Hadir dalam acara syukuran tersebut, dua Wakil Ketua DPRD Blora, yakni Siswanto politisi Golkar dan Sakijan politisi Nasdem.

Selain itu, Dari 40 daftar audience yang hadir mewakili element masyarakat dan profesi, berharap besar bahwa DBH Migas bisa menurunkan segala permasalahan Blora, mulai dari pendidikan, kesenian, ekonomi, pertanian, sosial dan kualitas Jalan.

Posting Komentar

0 Komentar