Pemkab Blora Siapkan Strategi Untuk Raih Adipura 2022

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora Istadi Rusmanto (Foto Jyk/Blora Updates)

Blora Updates - Pernah meraih Adipura tahun 2016 dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora kembali bertekad membawa pulang Piala bergengsi bagi Kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora, Istadi Rusmanto mengungkapkan, kendati informasinya mendadak Pemkab Blora sudah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

"Tahun ini informasinya juga mendadak sekali, tetapi sudah kita rapatkan internal. Teman-teman DLH sangat antusias dan siap mendukung. Mudah-mudahan dengan persiapan yang kami lakukan, Blora bisa memperoleh Adipura tahun ini. Sehingga piala adipura yang kita banggakan bisa kita pajang di Kabupaten Blora. Blora bersih ijo royo dapat terwujud," ungkapnya kepada Blora Updates, Kamis (08/09/2022).

Istadi menambahkan, untuk persiapan penilaian sendiri, pihaknya telah mengundang pihak terkait, baik OPD, Kecamatan, dan Kelurahan untuk diberikan arahan. 

"Hari ini kita lakukan rapat. Kita sudah mempersiapkan terkait dengan penilaian. Pertama untuk penilaian TPA, dimana sekarang sudah sistem terbaru yang memakai sistem sanitary landfill. Itu sudah merupakan penilaian tersendiri. Nanti diikuti dengan bank-bank sampah yang ada di Blora termasuk ada bank sampah induk. Terus juga tiap Jum'at, Bupati sudah mengeluarkan surat edaran Jum'at bersih. itu sudah kita lakukan semua," tambahnya.

Terkait pelaksanaan penilaian dari KLHK, dirinya mengaku belum tahu secara pasti kapan akan dilaksanakan.

"Ini surat resminya belum, tapi informasinya tanggal 14, 15, 16 September ini. Waktunya singkat sekali, makanya kita harus gas pol. Semua harus kerja keras untuk memperoleh piala Adipura ini." pungkasnya. (Jyk)

Posting Komentar

0 Komentar