Perantau Blora Sukses Kembangkan Usaha Retail Dan Property Di Kendari

Agung Nawang Kusuma bersama Istri tengah liburan Ke Semarang

Blora Updates - Matang dalam proses kehidupan, kerap ditempuh ketika seorang remaja mengambil langkah dengan merantau atau kerja keluar kampung halaman. Ada yang gagal dan kembali ke pulang, namun ada pula yang berhasil menaklukannya.

Seperti halnya Agung Nawang Kusuma, pria kelahiran Desa Tempuran Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, yang akrab disapa Agung ini mampu menjalankan roda bisnis di perantauan. 

Dari pantauan Blora Updates di laman sosial media miliknya, yakni akun instagram @a99corpland. Mungkin alumni SMAN 1 Tunjungan ini tidak terlalu familiar di Kab. Blora. Namun dalam kalangan pengusaha di Sulawesi Tenggara, dirinya termasuk pebisnis yang sukses dan terbilang masih muda.

Bagaimana tidak, pria yang kerap disapa bos Agung itu kini telah memiliki sejumlah perusahaan, diantaranya tiga bidang property perumahan dan Swalaya. Usaha yang digeluti bersama sang istri saat ini, sudah mampu meraup omset ratusan juta hingga miliaran.

Profil dan Riwayat Hidup

Pria kelahiran Blora tahun 1993 tersebut, mengaku bahwa dirinya dibesarkan dari keluarga petani. 

"Saya dibesarkan dari keluarga yang sangat sederhana. Dulu saya sekolah SD hingga SMA di kampung halaman," Katanya ketika dihubungi Blora Updates via seluler, Senin (17/01/2023).

Usai lulus SMA, Suami dari Febrry Dyah Ayu Ramona mengaku dengan modal nekat memutuskan merantau ke Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kota Kendari. 

"Meskipun merantau jauh, tapi hati saya sudah terlanjur kecantol sama orang kampung halaman (Blora). Tahun 2016, saya memutuskan menikah. Namun, kala itu karena dalam masa sedih, Nikahnya hanya sederhana, dan cukup Nikah KUA saja, tanpa Pesta," terangnya. 

Agung Nawang Kusuma (Berkemeja Putih) sedang jalin kerjasama dengan Kepala Cabang Bank BPTN Syariah Kendari

Kisahnya Inspiratif

Perjalanan tak selalu mulus, demikian halnya yang di rasakan Alumni SMPN 4 Blora tersebut. Sebelum memiliki sejumlah usaha di Kota Kendari, dirinya sempat berapa kali jatuh dan bangkrut.

"Dulu pernah menjadi driver dan supir ojek online, kemudian juga menjadi kurir, hingga marketing. Saya juga kerap diremehkan setiap ingin memulai bisnis. Namun apapun yang terjadi, saya tetap berusaha dan senantiasa menjadikannya sebagai pengalaman hidup," bebernya.

Agung mengatakan, dirinya suka berbisnis sejak saat masih sekolah demi membantu orang tua yang berprofesi petani dan pedagang. 

"Saya betul-betul memulai bisnis dari nol tanpa modal yang besar. Hanya bermodalkan niat serta belajar dari perjuangan orang tua bagaimana cara mengatur uang. Bisa dikatakan nol modal," kata dia.

Pemilik YouTube Zona a99 Corp Land itu juga mengungkapkan bahwa perjalanan hidupnya dalam mencari sesuap nasi, banyak menemukan pengalaman hebat. Dirinya berharap kisahnya bisa memberi inspirasi para generasi muda, 

"Anak muda jangan takut merantau dan memulai bisnis. Anak muda harus optimis, kreatif dan fokus tentang apa yang dimiliki dan cita-citakan. Siapapun bisa meraih keberhasilan asal bersungguh-sungguh," pungkasnya (Adv/Red). 

Posting Komentar

1 Komentar

  1. 👍🏻👍🏻👍🏻 sukses bwt mba febri dn suami

    BalasHapus