About Me

header ads

Mayricho Kukuh Adam Si Dalang Ganteng Blora Dengan Segudang Prestasi

Blora Updates - Indonesia sebuah negeri besar dengan beribu-ribu kebudayaan yang ada di dalamnya. Ribuan budaya ini bisa menjadi senjata sebagai citra bangsa dan bahkan mengeruk nilai ekonomi dari sektor budaya dan pariwisata. Selain faktor tersebut sudah sewajarnya jika kita sebagai penerus bangsa melestarikan apa yang leluhur kita miliki. 

Sebagai generasi muda yang merupakan pemimpin masa depan wajib hukumnya berperan aktif dalam segala bidang. Salah satu bidang tersebut adalah melalui jalur seni dan budaya. Aktif belajar dan mempromosikan budaya ke dalam dan luar negri. Kelestarian Seni budaya adalah tanggung jawab kita bersama Pemuda Indonesia, salah satunya termasuk kita pemuda Blora.

Mayricho Dalang Cilik Segudang Prestasi sedang Tampil

Pemuda bernama Mayricho Kukuh Adam B. adalah salah satu pemuda yang peduli akan kelestarian seni lokal Blora. Menggeluti dunia pewayangan sudah dilakoni sejak kanak kanak. Tepat usia 2 tahun bakat mendalang sudah tampak. Bakat tersebut makin gemilang disaat pemuda kelahiran Blora tanggal 25 Mei 2000 ini menginjak kelas 4 Sekolah Dasar ( SD ) kursus mendalang di ki Mulyono desa Tutup kec Tunjungan.

" Yang sangat menakjubkan lagi adalah Mayricho ini sejak kecil terbiasa membuat dan mendesain wayang sendiri yang dia gunakan untuk tampil, luar biasa banget ", beber Dhanny yang menjadi salah satu fans dari dalang cilik ini.
Mayricho sedang membuat wayang penunjang pentas

Tidak main main, Prestasi yang dihasilkan sungguh membanggakan. Pemuda kelas 1 SMA 1 Blora yang sering pentas di daerah Blora ini pernah mengikuti festival dalang cilik nusantara 2011 di Solo. Mendapat predikat dalang Berpotensi. Tahun 2013 di acara yg sama, mendapat predikat dalang Ngabehi. Selain itu juga mendapat predikat juara 1 sabet terbaik di Festival dalang bocah Blora th 2015. 

" Tujuan menggeluti kesenian pedalangan supaya bisa melestarikan dan mengembangkan kesenian pedalangan agar tidak tergerus budaya dari luar", ucap dalang cilik menginjak remaja yang berparas ganteng ini dengan santun.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Monggo ingkang badhe sowan wonten dalemipun dek Mayricho sinambi tumbas Jamu lan mete wonten Jl. Kol. Sunandar 18 blora #DepotJamuMegaMukti (perempatan Alfim)

    BalasHapus