Lezatnya Kuliner Legendaris Soto Klethuk Mbah Gowak Khas Blora

Lezatnya Kuliner Khas Blora, Soto Klethuk Mbah Gowak

BLORA UPDATES - Salah satu jenis makanan di pagi hari  yang enak  buat sarapan,  adalah  Soto Klethuk. Makanan berkuah bening disertai taburan Klethuk yang terbuat dari gemblong atau kentang dipotong dadu ini banyak disukai anak-anak hingga dewasa. Salah satu warung makanan legendaris yang spesial menyajikannya adalah Soto Klethuk Mbah Gowak. 

Susilowati, Menantu dari Parto Pasiman, atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Gowak menyatakan bahwa usaha kuliner spesial Soto Klethuk dimulai mertuanya  sejak tahun 1956. 

Susilowati, Menantu Mbah Gowak Tengah melayani pembeli pembeli Soto Klethuk

"Mertua saya, meskipun dulu Perangkat Desa sebagai kamituwo, Kelurahan Tempelan, tidak malu untuk berjualan Soto Klethuk. Awalnya jualan keliling, di tempat tempat hiburan dan hajatan, seperti di bawah sirene alun-alun, Klenteng, dll. Jualan keliling untuk orang Jawa nyebutnya Mremo," terangnya, Selasa, (15/3/2022). 

Sejak tahun 2007, Susilowati dan suaminya meneruskan usaha mertua.  dengan lokasi awal di Kawasan Restaurant Gajah sebelah Alun Alun Blora. Kini pindah di Teras rumah sendiri, di Jalan Gunung Lawu No 93, sebelah kantor Kelurahan Tempelan, Blora Kota. 

"Sampai saat ini kita masih mempertahankan resep keluarga. Ciri khas Soto Klethuk Mbah Gowak yakni menggunakan Ayam Kampung, Kuah kita rebus lebih lama. Kata pelanggan sih rasanya beda dan khas. Kalau orang Jawa bilang, cita rasanya tidak mblengeri (membosankan)," jelasnya. 

Susilowati menjelaskan, bahwa Soto Klethuk Mbah Gowak (sego iwak) disajikan dalam mangkok. Penyajianya  dimulai dengan isian nasi atau lontong, Tauge, Mie Soun, Suwiran Ayam Kampung, irisan telur rebus, brambang goreng, klethuk, kecap, dan kucai. Untuk tambahan perasan jeruk nipis dan sambal sesuai selera. 

"Melengkapi menu pokok, ada juga beragam lauk pauk sebagai menu pendamping. Seperti perkedel kentang, tempe goreng, putih telur goreng, satu telur puyuh, sate ati ampela, beragam kerupuk,  dan  minuman," imbuhnya. 

Sementara itu, Indah Purwaningsih mengaku pelanggan tetap selama puluhan tahun. Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Blora tersebut mengaku masih cocok dengan citarasa Soto Mbah Gowak. Menurutnya meskipun kini sudah dilanjutkan anak dan menantu, namun citarasa Soto Legendaris ini masih sama lezatnya.

Indah Purwaningsih, Kadinsos Blora, Pelanggan Soto Klethuk Mbah Gowak

"Harganya murah,  enak, mantab, rasanya pun sangat pas dengan selera saya. Saya kalau makan nasinya sedikit dan lauknya minta banyak, itupun di layani dengan ramah," ungkapnya. (Yoyok/Abu Sahid) 

Posting Komentar

0 Komentar