About Me

header ads

Tugu " Lombok & Jeruk " Jepon ditumbangkan Demi Pembangunan


Blora Updates - Tugu adalah simbol kebanggaan dan sebuah tanda identitas suatu wilayah. Biasanya tugu akan menjadi kenangan, sebab Tugu sering menjadi tanda bertemu sesama warga dan pusat pandangan mata bagi siapa saja yang melintas. Selain itu pula juga sering menjadi tempat sebagian orang melukiskan momentum indah kenangan suatu waktu. 

Salah satu Tugu penuh kenangan di kabupaten Blora adalah Tugu Lombok & Jeruk di jantung kota Jepon. Tepat disisi perempatan, Tugu ini sering menjadi cerita manis turun temurun tentang kisah generasi dulu dan anak rantau yang meninggalkan daerah Jepon. Tugu yang masih kokoh dan unik dibangun sejak tahun 1983 ini adalah saksi mata bagaimana Jepon bermertamorfosa menjadi pusat bisnis seperti saat ini.

"Tugu ini adalah simbol Jepon kala itu. Produksi Jeruk dan Lombok sangat melimpah ruah. Kala itu kecamatan Bogorejo belum menjadi sebuah kecamatan dan masih masuk wilayah Jepon. Beda dulu beda Sekarang. Sekarang Jepon tuk kebutuhan Lombok dan Jeruk bahkan sudah kekurangan dan mengambil pasokan dari luar daerah. Jepon sudah banyak berubah menjadi Kota. Rata Rata sekitar Jantung kota Jepon berprofesi sebagai pedagang. Sedangkan Petani Jepon rata rata sekarang menanam padi dan jagung ", tutur Susamto warga Rw 01 Jepon.


Ditanya mengenai perihal ditumbangkannya Tugu yang pada 4 Juni 2016 lalu di bersihkan dan di cat oleh komunitas akar merdeka tersebut, bapak Susamto menambahkan " Mengingat stadion Kridaloka Jepon mau dijadikan stadion utama Blora, maka kapasitas jalan harus di lebarkan. Kebetulan Jalan dari perempatan Jantung kota Jepon hingga Stadion Kridaloka mau di lebarkan beberapa meter. Warga juga sudah dapat pemberitahuan. Karena lokasi Tugu masuk dalam jangkauan pelebaran jalan, maka di cicil tuk dibongkar dulu. Berkaitan Tugu mau dibangun lagi atau tidak, saya belum tahu. Nanya ke yang berwenang saja ". 

Sekedar Informasi yang diketahui tim Blora Updates saat menyaksikan acara pentas seni penutupan kegiatan 17 an kelurahan Jepon di gedung Serbaguna tanggal 28 Agustus 2016, Bp. Teguh mantan lurah Jepon menyampaikan bahwa " Gedung Serbaguna akan mendapat kucuran 1 milyar tuk melanjutkan pembangunan dan 6 milyar tuk pembangunan meningkatkan kualitas stadion Kridaloka menjadi stadion utama kabupaten Blora.

Artikel terkait

Tugu Kebanggaan Jepon " Lombok & Jeruk " yang Terbengkalai, Di Percantik Komunitas Akar Merdeka

Posting Komentar

0 Komentar