About Me

header ads

Pengunjung Makam Mbah Janjang Membludak saat Moment Sedekah Bumi

Blora updates
Foto dari bukit petilasan ke area Makam Mbah Janjang / Blora Updates
Meriah Sekali acara sedekah bumi di Ds Janjang Kec Jiken Kab Blora pada hari Jum'at, 13 Mei 2016. Sekitar 10 ribu jiwa lebih di siang terik pukul 11:00 wib berbondong bondong datang ke Ds Janjang untuk menyemarakan acara rutin tahunan. Tamu yang berkunjung ke acara tersebut pun tidak hanya berasal dari Blora sendiri, namun dari kota tetangga seperti Tuban, Bojonegoro, Ngawi, Rembang, Grobogan dll pun banyak yang berdatangan.

Blora updates
Gerbang Makam Mbah Janjang / Blora Updates

Pengunjung acara Manganan Janjang memadati sepanjang Jalan / Blora Updates

Puncak Keramaian Acara tahunan yang dalam bahasa Blora ini biasa disebut gas deso / manganan berada di makam dan petilasan Eyang Jati Kusumo yang biasa di sebut Mbah Janjang. Menurut sejarah Eyang Jati Kusumo memiliki saudara yang bernama Eyang Jati Swara, kedua bersaudara ini adalah putra sultan Pajang. Keduanya berilmu tinggi, suka berbuat kebaikan dan Penyebar Agama Islam.
Blora updates
Pesarean / makam mbah Janjang / Blora Updates

Tempat Suci dan Bersejarah Blora yang dijadikan pusat keramaian Acara Sedekah Bumi di Pemakaman dan Petilasan Mbah Janjang ini juga dikunjungi peziarah yang selalu ramai di malam Jum'at Pon.
Blora updates
Hiburan seni wayang kayu 3 hari 3 malam / Blora Updates

Itu bagi bagi minyak merupakan ritual apa pak ? " tanya Blora Updates kepada Kerumunan warga disekitar area pagelaran hiburan wayang kulit ".
Itu ada warga sing duwe uni ( nadzar ) mas, " jawab Bapak Tua berpeci menjelaskan ".

Siang itu selain ramainya pengunjung dan pedagang yang memadati area yang luasnya sekitar 1 ha lebih ini, juga ada pembagian gratis makanan berupa nasi, urapan dan daging yang dibungkus daun jati oleh ibu ibu asli desa Janjang ke pengunjung acara.
Blora updates
Pembagian makanan gratis di area makam mbah janjang / Blora Updates

Acara Sedekah Bumi Ds Janjang sudah berlangsung tiga hari tiga malam mas, nah saat ini mas nya berkunjung adalah saat saat puncak Acara sebelum waktu Jum"at an bagi umat muslim, " tutur pak Suwarno warga dukuh katesan desa Janjang ".

Meriahnya Acara Sedekah Bumi / Gas deso / Manganan Janjang ini juga bertambah istimewa karena terletak di perbukitan tertinggi desa yang hijau nan rindang, merupakan lokasi petilasan / persujudan Mbah Janjang yang memanjakan pengunjung acara saat lelah menikmati meriahnya acara. Melihat Sekeliling nampak indah hamparan sawah dan lebatnya hutan Jati Blora.
Blora updates
Sepanjang Jalan meriah pengunjung di acara manganan Janjang / Blora Updates

Blora updates
Sesepuh panitia acara manganan janjang / Blora Updates

Blora updates
Kemeriahan acara manganan janjang / Blora Updates

Blora updates
Menuju Bukit Petilasan mbah Janjang / Blora Updates
Blora updates
Kemeriahan pengunjung dibukit persujudan mbah Janjang / Blora Updates
Blora updates
Menikmati indahnya alam Janjang dari bukit tertinggi Janjang / Blora Updates



Kontributor

Koh Wan

Posting Komentar

0 Komentar