Wong Blora Biasa Nyebut Hari Raya Imlek Dengan Nama " Tembaru "


Blora Updates - Wong Blora biasa menyebut hari raya imlek dengan nama Tembaru. Tembaru identik dengan hujan beberapa hari yang bermakna turun berkah. Pengurus klentheng dan para masyarakat biasanya berkunjung ke acara tradisi satu ini.

Bagi yang beragama Kong Hucu mereka suka cita dengan datang beribadah dan silaturahmi ke saudara. Sedangkan masyarakat sekitar turut serta suka cita menyaksikan pagelaran Barongsai dan Naga Raksasa ( di Blora umumnya menyebut Leang Leong ).

Hari Raya Imlek satu ini juga identik dengan kebiasaan yang unik. Antara lain berbagi angpau / berbagi rizki, menyediakan kudapan khas seperti kue Bacang dan Kue Keranjang ( sejenis Jenang/Dodol ).

Meskipun semalam hujan, namun masyarakat tetap antusias datang ke Klentheng di Jalan Pemuda Blora, Menyaksikan gelaran di klentheng yang bernama Hok Tik Bio.



Selamat "Hari Raya Imlek", merayakan pergantian tahun Cina dari tahun Monyet (年 2567) ke tahun Ayam (年2568). 
Ingatlah bahwa kita tidak perlu takut mengenai masa depan, semua tergamtung dari apa yg kita lakukan sekarang. Tentukan masa depan yg cerah dengan melakukan hal hal baik dan bermanfaat sekarang dan seterusnya.

恭喜 - 新年蒙恩 Gōngxǐ – Xīnnián méng ēn, Selamat Tahun Baru Cina
萬事如意 Wànshìrúyì – "Semoga apa yang engkau harapkan terkabul"
吉慶有餘 Jíqìngyǒuyú – "Semoga kebahagiaanmu tanpa batas"

新年的祝福,平日的希冀,愿你心境祥和、充满爱意,愿你的世界全是美满,愿你一切称心如意,快乐无比。Xīnnián de zhùfú, píngrì de xījì, yuàn nǐ xīnjìng xiánghé, chōngmǎn ài yì, yuàn nǐ de shìjiè quán shì měimǎn, yuàn nǐ yīqiè chènxīn rúyì, kuàilè wúbǐ. – 

Di hari Imlek ini dan seterusnya, biarlah hatimu penuh dengan Kasih & Kedamaian, segala hal yang indah datang mengisi hidupmu, dan semua yang terbaik & kegembiraan memenuhi hari-harimu. 

Salam
Blora Updates

Posting Komentar

0 Komentar